RPP Quran Hadits Kelas 4 Surah Al Kautsar MI Tengaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah/Madrasah : MITengaran
Mata Pelajaran : Alquranhadits
Kelas/Semester : IV/ 1
Materi Pokok : Q.S
Alokasi Waktu : 4 x
35 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Kompetensi Inti (KI 1):
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2.
Kompetensi Inti (KI 2):
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
3.
Kompetensi Inti (KI 3):
.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang
dijumpainya
di rumah, di sekolah dan tempat bermain..
4.
Kompetensi Inti (KI 4):
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.2 Mengamalkanajaran Q.S. an-Nasr (110), alKautsar (108), dan al-Adiyat(100)
dalamkehidupansehari-hari
|
|
2.2 Terbiasamemilikiniat
yang
benardanbaikdalammelakukanibadah
|
|
3.2 Memahamiisikandungan Q.S.
an-Nasr (110) dan al- Kautsar (108)
|
3.2.1 mengenalisikandungan
Q.S. An Nasr dan al kautsar
3.2.2
memahamiisikandungan Q.S. an-Nasr (110) dan al- Kausar (108)
|
4.1 Membaca Q.S. an-Nasr (110), al-Kautsar
(108)dan al-Adiyat(100)secara benar dan fasih
|
4.1.1
melafalkanQ.S.
an-Nasr (110), al-Kausar (108)dan al-Adiyat(100)secara
benar dan fasih
4.1.2
menemukanhukumbacaan al qomariyah,danIdhar
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
ü Melalui penanaman sikap menerima Q.S Al
Kausar, peserta didik dapat menunjukkan
prilaku mencintai Al-Qur’an dengan baik
ü Melalui contoh ,peserta didik dapat menunjukkan perilaku bersyukurberani, dan tanggungjawab dalam kehidupan
sehari-hari
ü Melalui ceramah, peserta didik
dapat menjelaskan pengertian nama surat Q.S. Al KausarMelalui tanyajawab peserta didik dapat menyebutkan
jumlah ayat Q.S. Al Kausardengan benar.
ü Melalui Drill, peserta didik dapat melafalkan Q.S. Al Kausar dengan baik dan benar
ü Melalui Card
Sort , peserta didik dapat mengartikanQ.S. Al Kausar dengan baik dan benar
D.
MateriPembelajaran :
Sesungguhnya Kami
telahmemberikankepadamunikmat yang banyak.
|
إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ
|
1
|
MakadirikanlahsalatkarenaTuhanmudanberkorbanlah.
|
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
|
2
|
Sesungguhnya orang-orang yang
membencikamudialah yang terputus.
|
إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ
|
3
|
E.
METODE PEMBELAJARAN :
Problem Base
learning, Modelling, ceramah, tanyajawab,
diskusi, drill
F.
MEDIA, ALAT/BAHAN, SUMBER PEMBELAJARAN
1.
Media :JuzAmma ,KartuAyat
2.
Alat/Bahan : CD Murottal
3.
Sumber Pembelajaran : Bukupaket
G.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Pertemuan Kesatu:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (5 menit)
ü Guru
mengucapkansalamdanmengajakberdoapesertadidikbersama-sama
ü Guru
memeriksakehadiransiswa
ü Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan mengajak senam tangan
ü Guru menjelaskan
tujuan mempelajari materi serta
kompetensi yang akan dicapai
ü Guru
mengaitkanmateripelajarandenganmaterisebelumnya
b.
Kegiatan Inti:
·
Mengamati
Ø Pesertadidikmengamatitulisan
Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmendengarkan
guru melafalkan Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmenirukan
guru melafalkan Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmendengarkan
guru mengartikan Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmenirukan
guru mengartikan Q.S Al Kautsar
·
Menanya
Ø Guru
memberimotivasi
Ø Guru
menanyakanhal –hal yang berhubungandengansuratAl Kautsar
Ø Pesertadidik
member tanggapan
·
Eksplorasi/eksperimen
Ø Pesertadidikmengurutkanpotonganayatdengankartuayat
·
Mengasosiasi
Ø PesertadidikdapatmembiasakanmembacaTasbih,tahmiddanIstiqfarbilamendapatkemenangan
·
Mengkomunikasikan
Ø PesertadidikmendemontrasikanartisuratAl
Kautsar
c.
Penutup:
Guru danpesertadidikmembuatkesimpulan
Guru mengadakanevaluasi/penguatan
Guru memberimotivasi agar selalumembacaTasbih,tahmiddanIstiqfar
Guru member salam
2.
Pertemuan Kedua:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal (5 menit)
ü Guru
mengucapkansalamdanmengajakberdoapesertadidikbersama-sama
ü Guru
memeriksakehadiransiswa
ü Guru mempersiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan mengajak
senam tangan
ü Guru menjelaskan tujuan mempelajari materi serta kompetensi yang
akan dicapai
ü Guru
mengaitkanmateripelajarandenganmaterisebelumnya
b.
Kegiatan Inti:
·
Mengamati
Ø Pesertadidikmengamatitulisan
Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmendengarkan
guru melafalkan Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmenirukan
guru melafalkan Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmendengarkan
guru mengartikan Q.S Al Kautsar
Ø Pesertadidikmenirukan
guru mengartikan Q.S Al Kautsar
·
Menanya
·
Melalui stimulus guru, peserta didik bertanya
tentang hal-hal yang belum difahami pada QS. Al Kautsar
·
Peserta didik/guru bertanya cara melafalkan
QS. Al
Kautsardengan benar dan fasih
·
Eksplorasi/eksperimen (menggali/mengumpulkan data)
Ø Peserta didik melalui belajar
kelompok berlatih cara membaca QS. Al Kautsaryang benar
dan fasih
Ø Peserta didik berlatih membaca
arti nama surat, jumlah ayat, serta tempat turunnya QS. Al Kautsar
·
Mengasosiasi
Ø Antar peserta didik membetulkan
cara membaca QS. Al
Kautsar yang belum tepat
Ø Peserta didik belajar
menulis/merumuskan temat turunnya ayat, jumlah ayat, serta arti nama surat
Ø PesertadidikdiajakmenemukantajwiddalamsuratAl
Kautsar
·
Mengkomunikasikan
Ø Secara bergantian, peserta didik
melafalkan QS. Al
Kautsar di depan kelas
Ø Pesera didik mempresentasikan
hasil diskusi tentang arti nama surat, jumlah ayat, serta tempat turunnya ayat.
c.
Penutup (10 menit):
·
Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran
·
Guru mengadakan tes tulis/lisan
·
Guru memberikan pesan-pesan moral terkait
dengan materi atau penanaman sikap, baik spiritual maupun sosial
·
Guru menjelaskan secara singkat materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
3. Penilaian
1.
Jenis/teknik
penilaian
Tes
Non tes
2.
Bentuk
instrumen dan instrumen
Testulis :
daftarpertanyaan
Observasi :lembarobservasi
3.
Pedoman
penskoran
Mengetahui,
Tengaran,
……………………………….
Kepala Madrasah, Guru
Bahasa Arab
Dra. Zulfiah Abdul
Mujib Andy Sa’adon
NIP. 196410162000032001
Isilahtitik-titik di bawahini !
1.
Al Kautsarartnya…
2.
Surat Al
Kautsartergolongsurat …
3.
SuratAl
Kautsartermasukurutansuratke …
4.
SuratAl
Kautsarayatke 3 berbunyi …
5.
Perintah
yang terdapatdalamsurat Al Kautsaradalah…
Kuncijawaban :
1.
Nikmat
yang banyak
2.
Makiyah
3.
108
4.
إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الأبْتَرُ
5.
Perintahshalatdanberkorban
PedomanPenskoran :
Jumlahjawabanbenar
X 2
Rubrikpenilaianunjukkerja; kegiatanmenjelaskanisikandungan
Q.S. al Kautsar
nama
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlahskor
|
|||
Runtutdanlengkap
|
Lengkap
|
Tidaklengkap
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
Penskoran:
Skor 3 jika runtutdanlengkap
Skor 2 jika lengkap
Skor 1 jika tidaklengkap
Skor perolehan
Nilai =-------------------- x 3/100
Skor
maksimal
Komentar
Posting Komentar